Sabtu, 14 Januari 2012

MEMBUAT ANIMASI SEDERHANA HANYA DENGAN SATU GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

Membuat Animasi sederhana hanya dengan 1(satu) gambar
dengan Menggunakan Adobe Photosop


Jika hanya punya1(satu) gambar atau foto dan ingin gambar tersebut dijadikan animasi bergerak yang sangat sederhana sekali maka gambar tersebut cukup kita putar atau dirotasikan dengan derajat perputaran yang dikehendaki.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.  Buka aplikasi photoshop lalu klik File dan pilih "Open" dan pilih gambar yang diinginkan




2.  Buat lembar kerja baru dengan mengklik File dan pilih New, ukuran tergantung selera.
3.  Drag gambar yang sudah dibuka ke lembar kerja yang baru(biasanya bertuliskan untitled di atasnya).

4.  Pilih Image kemudian pilih Rotate Canvas dan pilih Flip Canvas Horizontal maka gambar akan berputar secara horizontal.
5.  Pilih Image kembali lalu pilih apply image klik ok.
6.  Drag kembali gambar yang sudah diputar ke lembar kerja yang baru tadi





7.  Pilih File dan kemudian pilih edit in imageready.

8. Klik Menu Window dan centang "Animation" dan centang juga “layers”, secara otomatis gambar yang di buka diphotoshop langsung tersusun di Animation dan juga layers,  kemudian susun gambar dengan urutan yang ditentukan tinggal mengklik tanda mata yang ada di layers, misalkan di urutan pertama Animation  adalah gambar ke-2 di layers maka klik urutan pertama di Animation lalu beri tanda mata gambar ke-2 di layers.

9. Atur waktu masing-masing frames gambar yang ada di Animation dengan cara  mengklik tombol panah yang ada disamping kanan atas Animation kemudian klik Select All frames maka secara otomatis seluruh frames di blog kemudian klik tanda panah yang ada di bawah Animation dan kemudian centang waktu yang dikehendaki, misalkan “2 seconds” atau pilih other untuk memilih waktu yang diinginkan.

5.Lalu gambar siap untuk disimpan, caranya klik File lalu Save Optimized As lalu beri nama  untuk file animasi gambar yang telah dibuat kemudian klik “save” maka gambar disimpan dengan format gif.


contoh animasi sangat sederhana dengan satu gambar
Selamat mencoba.....




Tidak ada komentar:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->