Rabu, 09 Mei 2012

12 Langkah Menuju Berpikir Kreatif

Menurut James Lund (Editor tulisan Pemasaran) ada 12 langkah yang dapat dilakukan untuk menuju berpikir kreatif.  Langkah-langkahnya sebagai berikut:



1Langsunglah Menulisnya
Catatlah ide-ide begitu Anda menemukannya.  Siapkanlah kertas dan pena selalu baik di dalam mobil, dekat televisi, disamping tempat tidur.  Karena begitu ide-ide muncul di pikiran Anda apabila Anda tidak segera mencatat kemungkinan Anda bisa lupa dan akhirnya ide-ide yang Anda milikipun akhirnya cuma menjadi sebuah angan  atau khyalan di benak Anda.




2. Dengarkanlah musik
Dengarkanlah musik apapun yang dapat memicu daya imajinasi Anda.  Entah itu musik klasik seperti Bach, musik pop seperti Beatles dan musik yang lainnya, atau sesuatu yang belum pernah Anda dengar selanjutnya.


3. Olahragalah
berolahraga sangat baik untuk kesehatan dan juga kebugaran tubuh seperti Jogging, maen basket, volley, lompat tali, apapun yang membuat aliran darah Anda lancar serta otak Anda tajam.




4. Adakanlah diskusi dengan seorang teman, rekan sekerja atau anak berusia enam tahun.
Bicaralah dengan seseorang yang memandang dunia dengan cara yang sedikit berbeda.  Kemungkinan besar ia menginspirasi suatu pendekatan baru.




5.  Kerjakanlah dengan apa adanya
Janganlah jadi Perfectsionis.  ciptakanlah sesuatu yang belum tentu merupakan hasil kerja terbaik Anda,, asalkan pekerjaannya selesai.  Lalu sempurnakanlah itu atau ulangilah nanti.


6.  Amatilah orang-orang
Pergilah ke kota atau ke mall, duduklah dan amatilah orang-orang yang lalu lalang.  bayangkanlah kehidupan yang  mereka jalani.




7.  Buatlah Jurnal
Tuliskanlah tentang kehdiupan Anda dan Apa yang penting bagi Anda, lalu bukalah kembali jurnal Anda kalau butuh ide-ide baru.





8.  Berdoalah
Memandang kehidupan dari perspektif rohaniah bisa menghilangkan tekanan serta memicu kreativitas.



9.  Tulislah dengan bebas
duduklah di komputer atau dengan pena serta kertas dan tulislah apapun yang muncul di benak Anda.  Anda takkan menyangkah hasilnya nanti.



10.  Ubahlah situasi Anda
Carilah tempat baru yang tenang seperti taman, pantai, perpustakaan atau pokoknya ruang yang berbeda dan biarkanlah pikiran Anda ke mana-mana

 
11.  Cucilah piring atau potong rumput halaman
Ini mudah dan memberi Anda rasa prestasisambil berpikir

 
12.  Bawalah tidur
Kalau tak ada yang berhasil, sebaiknya Anda menyerah untuk sementara waktu.  Biarkanlah pikiran bawah sadar Anda bekerja, maka akan Anda akan temukan ide-ide baru besok.

(sumber:buku List To Live By )

Tidak ada komentar:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->