Senin, 14 Mei 2012

George Washington

Foto George Washington



George Washington, 1732–1799
Presiden Amerika Serikat ke-1
Masa jabatan:   30 April 1789 – 4 Maret 1797
Wakil Presiden:  John Adams
Digantikan oleh:  John Adams
Informasi pribadi
Lahir:  22 Februari 1732
Westmoreland County, Colony and Dominion of Virginia,Amerika Utara Britania
Meninggal:  14 Desember 1799 (umur 67)
Mount Vernon, Virginia,Amerika Serikat
Kebangsaan:  Amerika
Partai politik:  Tidak ada
Istri:  Martha Dandridge Custis Washington
Pekerjaan:  Petani,Tentara
Agama:  Anglikan/Episkopal

George Washington (lahir di Westmoreland County, Colony and Dominion of Virginia,Amerika Utara Britania, 22 Februari 1732 – meninggal di Mount Vernon, Virginia, Amerika Serikat, 14 Desember 1799 pada umur 67 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat (1789–1797) yang pertama. Pada usia 11 tahun ayahnya meninggal dunia. George Washington mula mula bekerja sebagai mantri ukur, ia lalu masuk tentara pada usia 21 tahun, dan diangkat menjadi Letnan Kolonel saat mengikuti wajib militer oleh Gubernur negara bagian Virginia. Menikah pada tahun 1759 dengan Martha Dandridge Custis Washington, George Washington mengurus perkebunannya yang luas di Virginia dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Virginia, hingga Revolusi Amerika pecah. George Washington merupakan anggota perkumpulan rahasia Freemasonry.
Ketika berumur 33 tahun, ia memilih untuk memihak rakyat negara bagian Virginia yang memberontak melawan orang-orang Inggris yang mengeluarkan undang - undang yang tidak adil menurut perdapat rakyat Virginia. Ia pun bertugas memimpin tentara Virginia. Pada tahun 1775 ia diangkat menjadi Panglima Tertinggi oleh Kongres Kontinental, yaitu Kongres ke-13 daerah jajahan Kerajaan Inggris.

Pada tahun 1776 Revolusi Kemerdekaan Amerika pecah dan Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris. Kepemimpinan George Washington berkontribusi banyak dalam keberhasilan daerah-daerah jajahan di Amerika memperjuangkan kemerdekaannya.

Setelah mengalami berbagai kekalahan dan juga semangat dan mental dari pasukannya  yang sudah sangat menurun dan juga perlengkapan senjata mereka tidak memadai untuk melanjutkan perang melawan Inggris tapi Goerge Washington tetap gigih dan tidak menyerah dan kharismanya sebagai seorang pemimpin mampu membuat semangat pasukannya bangkit kembali dan juga berkat strategi yang baik dari George Whasington serta bantuan dari sekutu Perancis maka akhirnya pada tahun 1781 Inggris menyerah di Yorktown  dan Amerikapun mengalami kemenangan.

Pada tahun 1783 Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, George Washington keluar dari tentara. Empat tahun kemudian pada  tahun1787 ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional.
Pada tahun 1789 setelah Konstitusi disahkan, ia dipilih dengan suara bulat oleh 69 pemilih menjadi Presiden Amerika yang pertama. Ia menjalankan dua masa jabatan dari tahun 1789 hingga tahun 1797, didampingi oleh John Adams sebagai wakil presiden. Dalam pidato perpisahannya pada tahun 1797, ia menyerukan kepada rakyat Amerika Serikat agar meninggalkan rasa kepartaian dan rasa kedaerahan yang berlebih-lebihan.
Pada tahun 1799, George Washington meninggal dunia dalam usia 67 tahun karena sakit infeksi tenggorokan  di Mount Vernon, setelah tiga tahun meletakkan jabatannya sebagai presiden. Selama beberapa bulan seluruh bangsa Amerika meratapinya karena telah kehilangan seorang pemimpin besar yang membawa demokrasi di Amerika. George Washington  tidak memiliki keturunan, hanya seorang anak angkat.
(sumber:wikipedia.org)




Tidak ada komentar:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->