Rabu, 03 Oktober 2012

Memotong Video Dengan Cara Sederhana Dan Mudah Dengan Menggunakan Quick Time Player


Beberapa waktu yang lalu, secara tidak sengaja saya mendownload software Quick Time Player yang merupakan produk dari apple,  setelah saya coba dan saya pelajari baru saya tahu bahwa  kegunaannya selain untuk menonton video secara manual maupun online ternyata juga dapat untuk memotong video yang  file videonya berekstensi “MP4” dan juga “AVI”.  Sebelumnya saya juga pernah menulis di blog saya cara untuk memotong video dengan menggunakan SolveigMM_AVI_Trimmer yang dapat memotong video yang filenya berekstensi “MKV” dan “AVI” saja, tetapi terkadang kala film atau video yang kita download itu filenya berekstensi “MP4” oleh karena itu saya juga mau berbagi bagaimana cara memotong video dengan file video yang berekstensi “MP4” dengan menggunakan software Quick Time Player.
Memotong video  dengan menggunakan software Quick Time Player tidak sulit untuk dipelajari alias sangat mudah sekali, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Software Quick Time Player, bagi yang belum menginstal soffware tersebut, dapat mencari di google untuk mendownloadnya. 

Gambar 1

Gambar 2.

2. Pilih “File” (menu yang ada di atas) lalu pilih Open File kemudian muncul kotak yang bertuliskan Open A File lalu pilih “file video yang akan kita potong.


Gambar 3.

3.  Setelah video yang akan di potong muncul, lalu tentukan set start point dan set end point bagian-bagian atau scene-scene yang akan dipotong caranya geser  tanda kaki yang berbentuk mirip segitiga yang berjumlah 2 yang ada di garis berwarna hijau yang menunjukkan jalannya waktu video yang di putar dan di atasnya tanda yang berberbentuk segitiga. Geser tanda kakiset start point sesuai waktu mulai potong video yang diinginkan dan tanda segitiga yang diatas digeser tepat diatas tanda kaki set end point sesuai waktu akhir video yang akan kita potong.

Gambar 4

4. Kemudian muncul setelah kita tentukan set start point dan set end point scene atau bagian video yang akan kita potong, pilih Edit kemudian pilih Delete maka bagian yang telah kita tentukan untuk dipotong akan dipotong yang tersisa hanya scene atau bagian video yang kita inginkan.
Gambar 5.

Gambar 6

5. Hasil video yang telah dipotong kemudian disimpan, ada 2 pilihan untuk proses penyimpanan, proses pertama adalah pilih “File” kemudian pilih “Save As” tetapi file video yang kita simpan itu berformat mov. Proses yang ke dua adalah pilih “File” kemudian pilih “Export” (gambar 5) kemudian muncul kotak (gambar 6 ) diatasnya bertuliskan “Save Exported File AS” dan dibawahnya ada tulisan “File Name” adalah nama file yang akan kita berikan untuk hasil video yang telah dipotong.  Dibawahnya lagi ada tulisan “Save As type” disitu Cuma ada satu pilihan yaitu “All Files”. Kemudian dibawahnya lagi ada tulisan “Export” disitu ada beberapa opsi pilihan format yang kita inginkan untuk video yang kita potong. Contoh diatas disimpan dengan format avi. Klik option dan pilih “Movie to AVI”.



Gambar 7.

6. Kemudian akan muncul kotak biru (gambar 7 ) yang menunjukkan proses export sedang berjalah dan bila angka persentasenya sudah 100 % maka pilih folder dimana kita menyimpan hasil video yang kita potong tersebut.

Sangat mudah sekali bukan!!! Selamat mencoba!!!

1 komentar:

Ligar Gumelar mengatakan...

Subtile ny lgsung trptong gk gan??

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->