Kamis, 02 Februari 2012

Membuat Animasi banner wizard sederhana dengan Menggunakan Easy Gif Animator



Untuk membuat animasi banyak program software yang ditawarkan salah satunya adalah dengan menggunakan program Easy Gif Animator.  Program ini lebih mudah dipelajari dan digunakan untuk membuat animasi sederhana dibandingkan dengan menggunakan Adobe Photoshop.  Salah satu contoh animasi sederhana yang menggunakan Easy Gif Animator



Untuk dapat membuat animasi banner wizard sederhana seperti gambar di atas  maka
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:



1.  Buka aplikasi Easy Gif Animator lalu pilih “Created Animated Banner”  dan akan muncul tampilan  “Banner size” yaitu untuk menentukan ukuran banner yang akan dibuat. Disitu ada tiga pilihan untuk menentukan ukuran yaitu: “Select standard size”( merupakan ukuran standard yaitu 468x60 ), “specify custom size” ( ukuran yang ditentukan sendiri, misal 530 x 60 ), “get size from background image” ( yaitu ukuran sesuai gambar background yang dipilih).  Setelah menentukan ukuran banner pilih: “next”.


2.  Pilih banner background, disitu ada 3 pilihan yaitu: “Simple color”, gradient color” dan “picture or texture “. Kalau ingin banner backgroundnya adalah gambar maka klik “Picture or texture” kemudian browse gambar yang ingin dijadikan gambar dan klik “stretch” kemudian pilih “next”.

3.  Buat teks animasinya, pada tampilan text message, disitu ada 3 kolom yaitu teks 1, teks 2, dan teks 3 dan masing-masing kolom dapat ditulis teks yang diinginkan. Pada kolom teks 1, ketik tulisan atau kata-kata yang telah ditentukan  kemudian pilih jenis huruf, ukuran dan warna huruf kemudian pilih bentuk tampilan teks animasi tersebut , klik “how to show”, kemudian pilih How long to show” untuk menentukan waktu animasi teks tersebut berlangsung dan kemudian pilih “how to hide” yaitu cara animasi teks tersebut menghilang. Untuk kolom teks 2 dan 3 sama caranya tinggal sesuai selera .

4.  setelah selesai pilih “next” jika ingin menyimpan dulu hasil animasi banner tersebut lalu kemudian pilih “finish” .

5.  Tetapi kalau menginginkan efek tambahan untuk animasi banner tersebut, maka kita bisa pilih “create image effect”(gambar stick yg ujungnya seperti berbentuk bintang) akan muncul tampilan create transitition effect yaitu untuk membuat efek pada animasi banner yang telah dibuat lalu pilih “select the effect” misal ingin animasi tersebut mempunyai efek bintang-bintang yang berkelap – kelip maka pilih “sparkles” dan kemudian efek bintang tersebut diatur kecepatannya “effect speed”, panjangnya”effect smoothness/length”, ukuran bintang “ sparkle size, jumlahnya “sparkle amount”. Setelah efek animasi bintangnya selesai diatur maka klik ok


6.Lalu animasi banner  siap untuk disimpan, caranya klik File lalu “Save” Jika animasi tadi sudah disimpan tapi jika belum klik “Save AS” beri nama file kemudian save. Animasi banner sederhana sudah selesai.

Mudah sekali bukan!!! Selamat mencoba!!!




Tidak ada komentar:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->