Kamis, 12 April 2012

Cara sederhana mengubah audio yang berbentuk video menjadi format mp3 dengan menggunakan Free Audio Editor.


Seringkali ada lagu bagus atau ost suatu drama atau film  yang di sukai seseorang tetapi  ternyata lagu tersebut formatnya belum beredar yang berbentuk mp3 atau memang tidak ada yang berformat mp3, oleh karena  itu jika menginginkan  lagu itu dalam bentuk mp3 karena ukuran sizenya jauh lebih kecil dibandingkan berbentuk video dan juga supaya dapat dipindahkan ke hp maka dapat menggunakan program Free Audio Editor yang merupakan program untuk mengedit audio dan juga bisa dipakai sebagai converter dari audio yang berbentuk video menjadi mp3.  Memang ada juga situs internet yang langsung bisa mengubah audio yang berbentuk video dari youtube langsung ke bentuk mp3, tapi terkadang memerlukan waktu yang lama dalam proses untuk mengubahnya dan juga harus koneksi internet dulu.

Cara-cara untuk mengubahnya  sangat mudah sekali, yaitu:
1. Buka Program Free Audio Editor, bagi yang belum menginstal program tersebut, ini link untuk mendownloadnya.
2. Pilih “Import from Video”(menu yang ada di atas) lalu muncul gambar yang bertuliskan import audio from video lalu pilih “add video”(untuk memilih video yang audionya akan di ubah/convert) .



3.  Setelah video yang akan di ubah muncul, lalu pilih “next” lalu muncul gambar berikutnya dan disitu ada tulisan “output directory “, pilih selec yaitu untuk memilih tempat untuk menyimpan hasil  audio yang sudah di ubah/convert,  dan dibawahnya ada tulisan “converter to” yang mempunyai beberapa pilihan format  yaitu: to WAV, to mp3, to WMA, to OGG, to AAC, to MP4A, to FLAC, karena audio akan di ubah dalam bentuk mp3 maka click di tulisan to mp3. Di bawahnya ada tulisan preset pilih “Normal Quality - mp3: 48000 Hz, stereo, 256 kbps kemudian pilih convert.



4. Kemudian muncul gambar di dalamnya menunjukkan proses pengubahan sedang berjalan ditandai dengan warna hijau yang berjalan , disamping kanannya ada tulisan persentase hasil pengubahan, jika warna hijau tersebut sampai ke ujung garis kanan dan tulisan persentasenya 100% maka itu berarti prosesnya sudah selesai kemudian akan muncul gambar berikutnya yang berisi bahwa proses pengubahan sudah berhasil.


5. Pilih “open folder” jika ingin langsung melihat hasil audio yang telah di ubah atau langsung klik ‘finish” jika ingin mengubah kembali video yang lain.



Sangat mudah sekali bukan!!! Selamat mencoba!!!

Tidak ada komentar:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->