Rabu, 25 April 2012

CEGAH FLU DENGAN BERJALAN KAKI????

Tangkal pilek hanya dalam waktu 30 menit. Cegah serangan flu hingga 50% dengan rutinitas berjalan kaki.


The American Journal of Medicine mengungkapkan, wanita lanjut usia yang berjalan kaki kurang lebih 30 menit setiap hari dalam 1 tahun, mampu menekan risiko terkena flu sampai 50% dibanding dengan kelompok yang tidak berolahraga.

“Sudah banyak bukti mengenai manfaat olahraga dalam mencegah terjadinya infeksi, dan terutama serangan flu,” ujar Cornelia M.Ulrich, anggota asosiasi the Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle. Ulrich dan timnya telah mengevaluasi 115 wanita yang memiliki bobot badan berlebih di sekitar area Seattle. Dan sebagai catatan, semua sukarelawan telah mengalami masa menopause serta berusia rata-rata 61 tahun.  Sebelum penelitian, para wanita diminta untuk tidak melakukan rutinitas berolahraga. Kemudian, sukarelawan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, terdiri dari 53 wanita yang diminta untuk menghabiskan 30 menit setiap hari, 5 kali seminggu, untuk melakukan aktivitas olahraga berintensitas sedang seperti jalan cepat (brisk walking). Dan kelompok kedua terdiri dari 62 wanita yang hanya ditugaskan untuk mengikuti kelas peregangan selama 45 menit, satu kali setiap minggunya.
Dari hasil secara keseluruhan, kelompok kedua memiliki risiko terkena flu lebih tinggi dua kali lipat dibanding kelompok pertama. Memang belum ada alasan yang jelas, mengapa berolahraga terbukti mampu dan berguna dalam memerangi flu. Tapi satu yang pasti, berjalan kaki bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Dan ketika sistem kekebalan tubuh kita baik maka akan mampu membentengi kita dari serang penyakit, seperti flu. (majalah prevention indonesia)

Tidak ada komentar:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->