Friday, January 10, 2020

Keuntungan Era Digital part 3: Beli Tiket Dapat Cash Back

Beberapa waktu yang lalu saya menuliskan tentang keuntungan era digital mulai dari belanja online dan juga bayar tagihan bulanan seperti listrik, PDAM, BPJS, dsb, yang bisa hemat karena mendapatkan cashback. Mau mendapatkan cashback ya syaratnya cuma satu rajin-rajin lihat promo dan benar-benar di baca syarat dan ketentuan yang berlaku.



Pada saat saya menuliskan tentang keuntungan era digital sebelumnya, saya menuliskan beberapa toko online dan salah satunya adalah Tokopedia. Tapi pada saat saya menuliskan tentang kode-kode promo di Tokopedia ada satu kode promo Tokopedia yaitu "COBA DONG"  saya salah menafsirkan syarat dan ketentuan yang berlaku buat kode tersebut,  itu dikarenakan saat saya membaca syarat dan ketentuannya hanya sekali lewat saja. Jadi saya pikir kalau kode promo COBA DONG"  itu hanya bisa digunakan 1x untuk pengguna baru tapi ternyata bisa digunakan untuk bertransaksi untuk produk yang belum pernah di coba sebelumnya oleh pengguna dan hanya bisa 1x digunakan untuk setiap produk yang dituliskan di syarat dan ketentuan.



Saya baru tahu ketika saya mencoba menggunakannya untuk membeli tiket kereta api ternyata saya bisa menggunakan kode promo COBA DONG"  dan  saya pikir saya tidak bisa menggunakannya lagi tapi ternyata ketika saya membeli tiket pesawat kode promo " COBA DONG"  masih bisa saya gunakan karena saya belum pernah mencoba membeli produk tersebut.
Casback yang di dapat lumayan besar yaitu 20% dengan batas maksimum berbeda untuk setiap produk.  Untuk tiket kereta api batas maksimum cashbacknya sebesar Rp 75.000 dan untuk tiket pesawat batas maksimum cashbacknya Rp 200.000. Sangat lumayankan! 


Cara efisien menggunakan kode promo ini adalah pakai kode promo ini untuk pembelian produk yang  total harganya sama dengan batas maksimum cashback yang di dapat. Misal untuk pembelian tiket pesawat nilai total harganya Rp 1.000.000 karena batas maksimun cashbacknya adalah Rp 200.000 maka pembelian  di atas satu juta cashback yang di dapat sama. Tapi kalau di bawah satu juta, misal total harga tiket pesawat kamu hanya lima ratus ribu , itu juga sebaiknya jangan menggunakan kode promo  "COBA DONG"  karena pemakaian kode promo ini hanya bisa 1x untuk setiap produk yang telah ditentukan. Jadi kita memakai kode promo ini harus untuk nominal pembelian yang pas atau mendekati batas maksimum cashback supaya bisa maksimal  cashback yang kita dapat.



Saya ini paling rajin memandingkan harga dan promo dari beberapa toko online begitu juga ketika saya akan membeli tiket pesawat dan kereta api, setelah saya lihat ternyata masih besar cashback yang di dapat dengan membeli tiket pesawat dan kereta di Tokopedia dengan menggunakan promo :COBA DONG"  maka saya membeli tiket tersebut di Tokopedia.  Memang ada beberapa toko online seperti Traveloka, dimana promo yang di dapat langsung memotong harga yang harus dibayar dan juga membeli tiket mendapatkan poin yang nanti bisa jadi pemotong pembelian tiket.  Di tokopedia promo yang di dapat berupa cashback tapi cashback yang sudah di dapat dan bila sudah tertera di dalam toko cash bisa langsung di gunakan. Saya membeli tiket kereta api dahulu kemudian setelah pembayaran saya di verifikasi dan cashback yang saya dapat muncul di saldo toko cash, baru cashbacknya saya pakai lagi untuk pembelian tiket pesawat. Jadi ketika saya mau mekakukan perjalanan ke Semarang dari Palembang, Cashback yang saya dapat lumayan membantu  mengurangi biaya perjalanan. 

Setiap toko online selalu mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing karena itu kita harus rajin mengecek setiap promo yang ada dan memilih harga yang paling murah dan promo yang paling menguntungkan supaya bisa hemat.


No comments:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->