Jumat, 20 Juli 2012

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari masa ke masa semakin pesat dan perkembangan tersebut dimaksudkan untuk semakin mempermudah manusia di dalam melaksanakan aktivitasnya, contoh saja dengan kehadiran teknologi digital yang semakin mempermudah kita di dalam melaksanakan pekerjaan kita. Sebelum kehadiran teknologi digital ini kita masih menggunakan teknologi analog yang masih bersifat manual atau belum bekerja secara otomatis sehingga penggunaan teknologi masih belum praktis.
Teknologi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner.  Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu. setelah melalui proses digitalisasi, informasi yang masuk akan berubah menjadi serangkaian bilangan biner yang membentuk informasi dalam wujud kode digital. Kode digital tersebut nantinya akan mampu dimanipulasi oleh komputer. Atau dengan kata lain teknologi digital merupakan teknologi yang sistem pengoperasiannya serba otomatis juga canggih dengan sistem komputerisasi / format yang dapat dibaca oleh komputer.

Keuntungan dari penggunaan Teknologi Digital 
  • Keutuhan data pada saat proses transmisi ( Pada saat informasi dipancarkan dalam bentuk sinyal digital, walaupun telah menempuh jarak yang cukup jauh keutuhan data akan tetap terjaga );
  • Sinyal digital akan mengalami regenerasi. Sinyal-sinyal yang rusak akan digantikan oleh sinyal baru;
  • Teknologi digital ini memungkinkan kita untuk mendistribusikan Informasi dalam beragam jenis dan dalam jumlah yang banyak secara bersamaan;
  • Sistem Komunikasi yang fleksibelTteknologi digital melalui teknologi Integrated Service Digital Network ( ISDN ) atau dalam bahasa indonesia populer dengan sebutan jaringan telekomunikasi digital pelayanan terpadu dapat menghantarkan berbagai informasi dalam sebuah jaringan tunggal. ISDN ini membawa revolusi dalam cara kita berkomunikasi. Kita dapat bertukar gambar, grafik, dan data dengan mudah, cepat serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.   
  • Efisiensi Biaya  Dikarenakan adanya teknologi integrate circuit (IC) yang dikenal dengan sebutan chips, dapat menekan biaya produksi dan juga alat-alat pada teknologi digital lebih stabil, praktis dan memiliki daya tahan yang lama dalam pemakaiannya.

Penggunaan tekonologi digital ini dapat ditemukan pada Pesawat, ponsel, kamera, MP3 player, komputer, tv, dan masih banyak lagi peralatan-peralatan elektronik yang menggunakan teknologi digital dan semua peralatan yang menggunakan teknologi digital maka mempermudah pemakainya dan juga praktis untuk digunakan.

Manfaat Penggunaan Teknologi Digital bagi kehidupan manusia

Banyak sekali manfaat penggunaan teknologi digital bagi kehidupan manusia, tapi saya akan jelaskan beberapa saja manfaat Penggunaan Teknologi Digital bagi kehidupan manusia:
1.  Di bidang Pendidikan
Manfaat teknologi digital juga dirasakan di dunia pendidikan karena dengan pendidikan sekarang yang sudah berbasis komputer maka membuat kemudahan dalam mengajar ataupun belajar, seperti belajar dengan internet.  Sedangkan bagi pengajar dapat memanfaatkan teknologi proyektor untuk mempresentasikan bahan ajarnya dan bahan ajar tersebut dapat dibuat semenarik mungkin dan mudah dimengerti dengan mengunakan program komputer seperti power point, photoshop dan sebagainya.
2.  Di bidang Komunikasi
Dengan teknologi digital maka memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dimana komunikasi dapat berlangsung dengan cepat,kapan saja dan dimana saja artinya tidak terpengaruh oleh jarak misal melalui telpon seluler, atau komunikasi tatap wajah secara langsung melalui internet seperti melaui YM video call, Webcam, skype dan juga komunikasi melalui email,  jejaring sosial seperti FB, twitter dan lain sebagainya.
3.  Di bidang Advertising
Dengan menggunakan teknologi digital maka pembuatan spanduk, banner, umbul-umbul, biliboard akan lebih mudah dan hasilnya pun lebih bagus karena  Elemen gambar dapat dimanipulasi oleh komputer. Sehingga kita dapat menciptakan efek tertentu pada gambar juga dapat memperbaiki kualitas gambar yang dianggap kurang baik. Bentuk manipulasinya bisa berupa penambahan intensitas cahaya pada gambar, sehingga gambar yang ada menjadi lebih terang atau gelap, meningkatkan ketajaman gambar yang kurang fokus, serta memperbaiki warna pada bagian tertentu dari gambar.  Sehingga gambar dan tulisan yang ditampilkan di banner, biliboard ataupun spanduk kelihatannya lebih indah dan menarik
4.  Dibidang Transportasi
Penggunaan teknologi digital sangat membantu sekali dari segi transportasi seperti pesawat terbang ataupun menara kontrolnya yang dengan teknologi digital membantu komunikasi antara menara kontrol dan pilot pesawat agar pesawat dapat terbang dalam keadaan aman.
5.  Dibidang Pengarsipan
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah, oleh karena itu sangat penting untuk mempertahankan arsip-arsip atau dokumen yang menjadi bukti sejarah tersebut.  Oleh karenanya penggunaan teknologi digital dapat membuat arsip secara elektronik dimana arsip secara elektronik ini dapat diakses oleh siapa saja dan juga dengan arsip elektronik ini mengurangi resiko kerusakan pada arsip-arsip karena arsip-arsip tersebut rata-rata umurnya sudah tua dan sangat rapuh sekali jadi jika sering dibuka kemungkinan akan lebih cepat rusak padahal arsip-arsip tersebut merupakan bukti historis sejarah kita yang harus dipertahankan.
6.  Didang Media
Dengan hadirnya media-media online maka informasi atau berita semakin mudah diperoleh dan tak terbatas jumlahnya. Kalau dulu kita hanya disajikan informasi atau berita dalam bentuk tulisan dari media cetak seperti koran atau majalah tapi sekarang kita dapat mencari informasi atau berita tersebut dari internet, karena media seperti koran,majalah sekarang tesedia dalam bentuk online.
7.  Di bidang pertelevisian
Contoh penggunaan televisi digital yang memiliki keunggulan dalam hal kualitas gambar/suara, penghematan yang luar biasa dalam hal lebar bandwidth sinyal siaran, lebih banyak channel yang bisa ditawarkan ke pemirsa.
Sedangkan manfaat penggunaan teknologi digital bagi pihak stasiun pemancar atau stasiun televisi adalah bisa menggunakan beberapa sinyal dalam satu lebar gelombang yang sama, memungkinkan untuk melakukan siaran atau menambahkan informasi tambahan dalam sinyal televisi digital. Untuk pengguna televisi kabel/satelit, bisa memanfaatkannya untuk melihat jadwal atau informasi tambahan dalam bentuk teks dalam sebuah program/channel tertentu.  Dan juga dengan teknologi digital maka kita mengalami kemudahan untuk mendapatkan informasi atau peristiwa hangat yang terjadi dari seluruh dunia yang dapat disiarkan secara langsung oleh stasiun tv.

Masih banyak lagi manfaat penggunaan teknologi digital dan semuanya itu membuat pekerjaan semakin lebih mudah dan praktis.

Oleh karena itu pemanfaatan teknologi digital di Indonesia perlu ditingkatkan lagi sehingga pemanfaatan teknologi digital dapat tersebar merata ke seluruh pelosok Indonesia bahkan daerah-daerah terpencil, sehingga daerah-daerah terpencil inipun dapat merasakan kemudahan dengan pemanfaatan teknologi digital dengan demikian Indonesia dapat menjadi negara yang berkembang pesat teknologinya sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan penduduk Indonesia dan juga pembangunan Indonesia.

1 komentar:

Santai Sejenak | Secangkir Teh Dan Sekerat Roti mengatakan...

slam hangat dan sukses selalu.. :)

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->