Selasa, 12 Mei 2015

Cara membuat Subtitle dengan Subtitle Edit 3.1

Beberapa tahun yang lalu, saya memberikan penjelasan cara membuat subtitle sederhana dengan menggunakan notepad bagi yang tidak mempunyai softwarenya. Kali ini saya mau berbagi cara membuat subtitle dengan menggunakan Software Subtitle Edit 3.1. 

Bagi yang belum mempunyai Software Subtitle Edit 3.1 dapat mencarinya di google dan dapat mendonwloadnya.. 


  1.    Buka Software Subtitle Edit 3.1 (gambar 1) dan buka video yang ingin kita buat subtitlenya. (gambar 2)
Gambar 1

Gambar2
   2.  Di bawahnya ada film atau video yang ingin kita buat subtitlenya..disamping kiri video ada 3 tab yang bertuliskan Translate, Created, Adjust lalu klik “Created” kemudian klik insert video yang ada dibawahnya,lalu klik insert new subtitle at video pos maka kursor otomatis berpindah ke tempat diatasnya yang ada tulisan Text, lalu ketik tulisan atau subtitle yang ingin dibuat. (gambar 3 & gambar 4 )

Gambar 3

Gambar 4
 3. Ketika mengklik insert new subtitle at video pos, otomatis video yang disampingnya berhenti dan untuk membuat batas akhir dari subtitle yang dibuat adalah dengan memainkan video tersebut lagi dan kemudian kembali mengklik insert new subtitle at video pos maka subtitle baris pertama yang kita buat selesai. Maka subtitle baris pertama akan tampil diatasnya… begitu seterusnya jika kita ingin membuat baris-baris subtitle selanjutnya.

Gambar 5

Gambar 6

4.  Setelah selesai membuat subtitle maka langkah  yang berikutnya adalah dengan menyimpannya. Klik File pilih Save As dan kemudian pilih folder tempat subtitle ingin disimpan, Kemudian Save.  Maka file akan tersimpan dengan format srt. (gambar 5 & 6)

Mudah sekali ya.. Selain untuk membuat subtitle juga dapat untuk mengedit subtitle sesuai dengan nama software ini yaitu Subtitle Edit 3.1. Semoga dapat bermanfatat.. :) 

Link yang berkaitan: Cara Sederhan Membuat Subtitle

Tidak ada komentar:

JUMP MENU

Jump Menu
!--Page Navigation Start-->